@phdthesis{UNY56179, school = {Pendidikan Administrasi Perkantoran}, title = {PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES}, author = {NSP NUR SAVITA PUTRI}, month = {September}, year = {2017}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) besarnya pengaruh dan signifikansi motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran standar kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Muhammadiyah 1 Wates , (2) besarnya pengaruh dan signifikansi metode mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran standar kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Muhammadiyah 1 Wates, (3) besarnya pengaruh dan signifikansi motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran standar kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penyebaran angket dan analisis dokumentasi pada 80 siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates pada bulan Juni-Juli 2017. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran standar kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Muhammadiyah 1 Wates sebesar 27.9\% (2) terdapat pengaruh yang signifikan metode mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran standar kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Muhammadiyah 1 Wates sebesar 16\%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran standar kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Muhammadiyah 1 Wates sebesar 35.5\%. Sumbangan relatif motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 68.1\%. Sumbangan relatif metode mengajar terhadap hasil belajar sebesar 31.9\%. Sumbangan efektif motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 35.5\%. Kata Kunci : motivasi belajar, metode mengajar, hasil belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56179/} }