%0 Generic %A Siti Partini, Suardiman %A INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDlKAN YOGYAKARTA, %D 1997 %F UNY:5617 %T PERSEPSI MAHASISWA PGSD D-II PTM FIP IKIP YOGYAKARTA TERHADAP PENGAJARAN PECAHAN %U http://eprints.uny.ac.id/5617/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa D-II PGSD PTM FIP IKIP YOGYAKARTAterhadap pengajaran pecahan serta usahanya untuk mewujudkan pengajaran peeahan yang baik sesuai dengan persepsinya. Penelitian dilaksanakan di UPP I, II, III dan IV PGSD PTM FIP IKIP YOGYAKARTA.Sampel diambil seeara aeak dengan teknik undi (aeak tanpa pengembalian). jumlah sampel ditetapkan 100 dari 202 populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment, yang kemudian dilanjutkan dengan perhitungan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan statistik deskriptif (perhitungan rerata) dan statistik inferensial (uji t dengan taraf signifikansi 1%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persepsi tentang pengajaran peeahan adalah baik, keeuali pada tahap pelaksanaan yang termasuk kategori sedang. Hal ini terbukti dengan X untuk tahap persiapan, pelaksanaan , evaluasi dan peningkatan profesionalitas, berturut-turut 63,001 , 142,082 , 37,282 dan 42,141, sehingga jika dsikonsultasikan dengan interval kriteria akan termasuk tinggi, keeuali tahap pelaksanaan yang termasuk sedang. Sedangkan usahal upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pengajaran peeahan yang baik rata-rata sedang atau di bawah rata-rata persepsi. Sebab X untuk tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan peningkatan profesionalitas berturut-turut 36,152 , 114,106 , 32,211 , 28,082 dan jika dikonsultasikan dengan interval kriteria akan termasuk sedang. Dengan uji t juga diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara persepsi terhadap pengajaran peeahan dengan usaha yang dilakukan.