TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/56166/ M1 - skripsi N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengembangkan bahan ajar berbentuk modul elektronik atau e-modul pada mata pelajaran animasi 3 dimensi untuk siswa kelas XI MM di SMK Negeri 1 Klaten, (2) mengetahui kelayakan dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian research & development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu : (1) Analysis, menghasilkan analisis kebutuhan, (2) Design, membuat rancangan e-modul dan rancangan instrumen penilaian, (3) Development, mengembangkan e-modul menggunakan software 3D Page Flip Pro, (4) Implementation, penggunakan e-modul pada siswa di kelas dan (5) Evaluation. Dalam pengambilan data penggunaan e-modul dilakukan dengan menggunakan angket. Angket yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media dan siswa, kemudian hasil penilaian yang di dapat dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui kriteria penilaian kelayakan e-modul tersebut. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa : (1) penelitian ini menghasilkan emodul berbentuk Flipbook dengan format .exe, (2) e-modul yang dikembangkan layak digunakan, hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian dari ahli materi sebesar 4,28 termasuk dalam kategori sangat baik, ahli media sebesar 4,32 termasuk dalam kategori sangat baik dan siswa sebesar 4,17 termasuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak digunakan dan diharapkan mampu membantu dalam proses belajar mengajar di kelas serta pembelajaran mandiri siswa. AV - public A1 - Indraryanti, Rika PB - Fakultas Teknik TI - PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK SISWA KELAS XI MM DI SMK NEGERI 1 KLATEN KW - e-modul KW - flipbook KW - animasi 3 dimensi Y1 - 2018/03/12/ ID - UNY56166 ER -