@techreport{UNY56162, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, author = {Eka Nureta Kharisma}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), PLT, SMA Negeri 7 Purworejo.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56162/}, abstract = {Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik teori, praktik, maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktik dalam dunia pendidikan. Sebelum mengikuti PLT, mahasiswa mengikuti mata kuliah micro teaching sebagai awal pembelajaran untuk praktik PLT. SMA Negeri 7 Purworejo yang beralamatkan di Jalan Ki Mangunsarkoro 1 Purworejo, Jawa Tengah, merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang dijadikan lokasi PLT UNY pada tahun 2017. Kegiatan PLT ini dilaksanakan pada tanggal 15 September ? 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu oleh penyusun adalah Bahasa Prancis dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 13 jam pelajaran. Penyusun sendiri mengampu 4 kelas, yaitu kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X Bahasa dan XI Bahasa. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama 20 kali pertemuan terdiri dari 16 kali pertemuan untuk pemberian materi dan 4 kali pertemuan untuk evaluasi. Secara keseluruhan, program kerja PLT terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Diawali dari persiapan PLT berupa konsultasi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode pembelajaran, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PLT terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penyusun untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.} }