TY - THES ID - UNY56158 Y1 - 2017/07/08/ AV - public PB - Pendidikan Administrasi Perkantoran TI - PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA DOKUMEN DAN ARSIP KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA A1 - Mukti Aji Wijaya, MAW M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar, (2) meningkatkan minat belajar siswa pada Standar Kompetensi Mengelola Dokumen dan Arsip, (3) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Problem Posing Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PIRI 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus ada empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Mengelola Dokumen dan Arsip dan siswa kelas X AP SMK PIRI 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dalam persentase. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan kelas pada penelitian ini adalah apabila diperoleh skor minimal 75% di akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode Problem Posing dapat meningkatkan motivasi belajar. Siklus I motivasi belajar sebesar 73%, pada siklus II menjadi 82%. (2) metode Problem Posing dapat meningkatkan minat belajar. Siklus I minat belajar sebesar 70%, pada siklus II menjadi 84%. (3) kendala-kendala yang dihadapi antara lain: waktu yang digunakan dalam pembelajaran lebih banyak untuk membuat soal sehingga materi yang disampaikan lebih sedikit dan perencanaan guru sebelum pembelajaran harus lebih banyak. Kata Kunci: metode Problem Posing, motivasi belajar, minat belajar. UR - http://eprints.uny.ac.id/56158/ ER -