%I Fakultas Teknik %T IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA 1 DI SMK NEGERI 2 SEWON %D 2018 %L UNY56155 %K Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Desain Multimedia %A Dini Novarianti Elisa %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia 1 di SMK Negeri 2 Sewon dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Learning pada mata pelajaran Desain Multimedia. Jigsaw Learning adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s dimana siswa bertanggung jawab terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi (model Kemmis dan Mc.Taggart). Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia I, SMK Negeri 2 Sewon yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus atau sebanyak empat kali pertemuan. Pengukuran motivasi dan hasil belajar menggunakan angket motivasi dan lembar soal tes yang diberikan sebelum dan setelah diberikan tindakan. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata skor motivasi pada pra-siklus adalah 56.9, menjadi 64 pada siklus I, dan meningkat menjadi 67.8 pada siklus II dengan jumlah siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi sebanyak 61%. Sementara itu, peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan persentase ketuntasan siswa pada saat pre-test sebanyak 0%, menjadi 57 % pada siklus I, dan meningkat menjadi 91% pada siklus II.