%0 Thesis %9 S1 %A Abigail, Addis Sousan %B Pendidikan Teknik Informatika %D 2018 %F UNY:56146 %I Fakultas Teknik %K Perpustakaan, OOAD, waterfall, ISO 25010 %T PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS WEBSITE DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/56146/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis website untuk menyelesaikan permasalahan perpustakaan SMK Negeri 1 Seyegan, (2) mengetahui tingkat kualitas sistem informasi perpustakaan berbasis website pada aspek functional suitability, performance efficiency, usability, dan reliability. Metode penelitian ini menggunakan Metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) dan model pengembangan sistem waterfall yang meliputi analisa kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Pengujian kualitas perangkat lunak dilakukan berdasarkan standar kualitas ISO 25010 pada aspek functional suitability, performance efficiency, reliability, dan usability sesuai dengan pengujian kualitas Web – site QEM. Hasil penelitian ini adalah : (1) Sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis website SMK Negeri 1 Seyegan dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan waterfall dan framework CodeIgniter dapat mengatasi masalah pengelolaan data perpustakaan yang masih menggunakan cara konvensional di SMK Negeri 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta karena telah memiliki fitur-fitur yang disesuaikan dengan requirement list pengguna, yaitu mengelola anggota perpustakaan, mengelola data buku, mengelola transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dan penyusunan laporan. (2) Hasil pengujian pada aspek functionality suitability diperoleh bahwa semua fungsi pada sistem berjalan dengan baik. Aspek usability menghasilkan persentase sebesar 82,5% dengan nilai alpha cronbach sebesar 0,825 (“Good”). Aspek reliability menghasilkan persentase keberhasilan sebesar 100% untuk sessions, pages, dan hits,. Aspek performance efficiency menghasilkan persentase 95,75% dengan grade “A”.