@phdthesis{UNY56144, author = {SS SRI SUJATI}, school = {Pendidikan Administrasi Perkantoran}, title = {PENGARUH METODE MENGAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN}, year = {2017}, month = {August}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, (2) Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dan (3) Metode Mengajar dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan rx1y= 0,531, r2x1y= 0,282, nilai thitung (3,966){\ensuremath{>}} ttabel (2,021), (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dengan rx2y= 0,500, r2x2y= 0,250, nilai thitung (3,653){\ensuremath{>}} ttabel (2,021), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Mengajar dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan Ry(1,2)= 0,635, R2y(1,2) = 0,404, nilai Fhitung (13,023){\ensuremath{>}} Ftabel (3,23). Kata kunci: Metode Mengajar, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56144/} }