%0 Thesis %9 S1 %A ERLIN NURLAELI, EN %B Fakultas Ekonomi %D 2017 %F UNY:56142 %I Pendidikan Administrasi Perkantoran %T PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN METODE MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/56142/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (2) penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (3) lingkungan belajar dan penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul dengan jumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan berganda setelah memenuhi uji prasyarat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) lingkungan belajar terhadap motivasi belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul sebesar 48,2%. (2) penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul sebesar 28,2%. (3) lingkungan belajar dan penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul sebesar 50,2%. Kata Kunci: lingkungan belajar, metode mengajar, motivasi belajar