%D 2017 %L UNY56138 %A RA RENDA ARIANI %I Pendidikan Administrasi Perkantoran %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada standar kompetensi Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, (2) Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar pada standar kompetensi Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dan (3) Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar pada standar kompetensi Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket penelitian telah diuji coba pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta dengan 40 responden. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan 63 responden siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara: (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada standar kompetensi Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 sebesar 20,6%. (2) Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar pada standar kompetensi Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 sebesar 20,8%. (3) Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar pada standar kompetensi Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 sebesar 25,9%. Kata kunci: Motivasi belajar, Cara Belajar, Prestasi Belajar. %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017