TY - THES AV - public TI - PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL PB - Fakultas Teknik A1 - Yanur, Asmorojati Y1 - 2018/03/07/ KW - pengaruh KW - jobsheet KW - hasil belajar KW - praktik dasar teknik otomotif ID - UNY56082 UR - http://eprints.uny.ac.id/56082/ M1 - skripsi N2 - Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman, 2) Mengetahui apakah ada pengaruh jobsheet untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman. Metodologi penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 1 agustus 2017 sampai dengan 28 agustus 2017 (1 bulan) yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman. Subjek penelitian adalah seluruh kelas X teknik kendaraan ringan sebanyak 39 siswa. Karena penelitian ini adalah penelitian populasi maka semua anggota populasi digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan independent sample t-test yang telah dilakukan, diperoleh hasil thitung sebesar 10,407 dan ttabel 1,687. Karena thitung>ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar praktik antara siswa yang menggunakan jobsheet dan tidak menggunakan jobsheet. Dari uji statistik dengan independent sample t-test yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan jobsheet (kelompok eksperimen) dibandingkan dengan yang tidak menggunakan jobsheet (kelompok kontrol) di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman pada mata pelajaran Pendidikan Dasar Teknik Otomotif. Dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,5 dan rata-rata kelas kontrol 64,5. ER -