eprintid: 56075 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/60/75 datestamp: 2018-03-08 05:35:58 lastmod: 2019-10-01 11:26:20 status_changed: 2018-03-08 05:35:58 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Dewi Rahmawati Hanani, Dewi Rahmawati Hanani title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Praktik Mengajar, SD NegeriKotagede 1 abstract: Program Praktik LapanganTerbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2017 memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SDNegeri Kotagede 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PLT pada tahun 2017. Tujuan dari program Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PLT ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 6kali, yang dilaksanakan tanggal 2, 12, 13, 21, 25, dan 27 Oktober 2017. dan praktik mengajar mandiri sebanyak 11 kali yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2017 dan 1, 2, 3, 4, 7, 8, 9, 11, 14, dan 15 November2017. Dandilaksanakanujianpraktikmengajarpadatanggal6 November2017. Selain program mengajar, jugadiadakanekstrtakurikuleryaituekstrakurikuler futsal.Pelaksanaan kegiatan PLT meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan,dan analisis hasil. Tahapan persiapan PLT meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PLT), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Dewi Rahmawati Hanani, Dewi Rahmawati Hanani (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/56075/1/14604221016_DEWI%20RAHMAWATI%20HANANI.pdf