%0 Thesis %9 S1 %A Siyamjiyah, S %B Pendidikan Administrasi Perkantoran %D 2017 %F UNY:56049 %I Fakultas Ekonomi %K lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, prestasi belajar %T PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/56049/ %X Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melakukan prosedur administrasi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar melakukan prosedur administrasi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; dan (3) lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Melakukan Prosedur Admnistrasi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang berjumlah 28 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji reabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melakukan prosedur administrasi sebesar 50,1% ditunjukan dengan harga koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,501; (2) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar melakukan prosedur administrasi sebesar 41,3% ditunjukan dengan harga koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,413; dan (3) lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Melakukan Prosedur Administrasi sebesar 54,4% ditunjukan dengan harga koefisien determinsasi (R2y(1,2)) sebesar 0,544.