TY - THES TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PRO CS5 PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA PERTEMUAN/ RAPAT DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES AV - public KW - Pengembangan KW - Media Pembelajaran KW - Adobe Flash KW - Mengelola Pertemuan/Rapat M1 - skripsi ID - UNY56046 UR - http://eprints.uny.ac.id/56046/ Y1 - 2017/02/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash untuk siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates pada Standar Kompetensi Mengelola Pertemuan/Rapat. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Media pembelajaran telah dikembangkan menggunakan tahap ADDI (Analisis, Desain, Development, dan Implementation). Tahap Analisis, dilakukan pengumpulan informasi tentang analisis materi, analisis kebutuhan, dan analisis siswa. Tahap Perencanaan, yaitu tahap perancangan pembuatan flowchart dan storyboard yang di sesuaikan dengan analisis isi materi. Tahap Development, yaitu tahap pengembangan desain ke dalam tampilan yang sebenarnya, pembuatan validasi ahli materi, validasi ahli media dan revisi terhadap produk media pembelajaran. Tahap Implementation, yaitu tahap implementasi yang dilakukan dengan melalui dua tahap yaitu tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil melibatkan 9 siswa dan uji coba kelompok besar melibatkan 46 siswa. Uji coba dilakukan oleh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates. Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,35 yang termasuk kategori sangat baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,23 yang termasuk kategori sangat baik, 3) Uji Coba Kelompok Kecil diperoleh skor rata-rata 4,1 yang termasuk kategori baik, 4) Uji Coba Kelompok Besar diperoleh skor rata-rata 4,23 yang termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Mengelola Pertemuan/Rapat. A1 - Kathy Ermey Sari, KES PB - Fakultas Ekonomi ER -