@phdthesis{UNY56045, title = {PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEMAMPUAN PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PRIMA DI BAGIAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, author = {DR Dwi Risnawati}, month = {February}, year = {2017}, school = {Fakultas Ekonomi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56045/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan prima di bagian kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta, (2) seberapa besar pengaruh kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan prima di bagian kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta, (3) seberapa besar pengaruh budaya organisasi dan kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan prima di bagian kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UNY yang telah mendapatkan pelayanan di bagian kemahasiswaan UNY yang terdiri dari 100 responden dengan teknik insidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif antara budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan prima di bagian kemahasiswaan UNY, yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,217pada taraf signifikansi 5\% (thitung{\ensuremath{>}}ttabel) yaitu 4,217{\ensuremath{>}}1,987. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,392 dan koefisien determinasi sebesar 0,698. (2) terdapat pengaruh positif antara kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan prima di bagian kemahasiswaan UNY, yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 13,627pada taraf signifikansi 5\% (thitung{\ensuremath{>}}ttabel) yaitu 13,627{\ensuremath{>}}1,987. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,809 dan koefisien determinasi sebesar 0,627. (3) terdapat pengaruh positif antara Budaya Organisasi dan Kemampuan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Prima di bagian kemahasiswaan UNY, yang ditunjukkan dengan nilai fhitung sebesar 93,829 pada taraf signifikansi 5\% (fhitung{\ensuremath{>}}ftabel) yaitu 93,829{\ensuremath{>}}3,090. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,812dan koefisien determinasi sebesa 0,659. Besarnya sumbangan efektif (SE) dari kedua variabel dalam penelitian ini sebesar 65,9\%. Variabel Budaya Organisasi sebesar 7,4\% dan Kemampuan Pegawai sebesar 58,5\%, sedangkan sisanya 34,1\% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.} }