%0 Report %9 Project Report %A Hanif Wira Septiadi, Hanif Wira Septiadi %D 2017 %F UNY:56039 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PLT, SMP Negeri 10 Magelang, Pembelajaran. %T LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING %U http://eprints.uny.ac.id/56039/ %X Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PLT terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 di SMP N 10 Magelang. Dalam praktik mengajar, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VIII C, VIII E dan VIII G dengan jumlah mengajar sebanyak 24 kali pertemuan. Selain praktik mengajar,praktikan juga membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari: RPP setiap pertemuan, media pembelajaran, evaluasi. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Hasil dari pelaksanaan PLT ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan di awal pembelajaran, memberikan wawasan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan secara nyata, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.