eprintid: 56034
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 1277
dir: disk0/00/05/60/34
datestamp: 2018-03-07 07:27:32
lastmod: 2019-10-01 11:25:09
status_changed: 2018-03-07 07:27:32
type: monograph
metadata_visibility: show
creators_name: Adelina Diah Rahmawati, Adelina Diah Rahmawati
title: LAPORAN INDIVIDU PLT
ispublished: pub
subjects: subject_lppmp
divisions: lppmp
full_text_status: public
monograph_type: project_report
keywords: PLT, Mahasiswa, SMP Negeri 10 Magelang.
abstract: Praktik lapangan terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus
ditempuh oleh mahasiswa S1 kependidikan UNY. PLT merupakan sarana bagi
mahasiswa untuk mempraktikkan berbagai macam teori yang diperoleh selama
duduk di bangku perkuliahan dan memperoleh pengalaman baru baik dalam hal
mengajar maupun non mengajar, serta sarana bagi mahasiswa untuk
mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidang pendidikan.
Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di
SMP Negeri 10 Magelang dilaksanakan pada taggal 15 September 2017 sampai 15
November 2017. Program kerja PLT yang tertuang dalam matrik pelaksanaan
program kerja PLT UNY 2017 terdiri dari beberapa kegiatan. Pertama, program kerja
kelompok PLT yang terdiri dari kegiatan perpisahan PLT, piket, jum’at bersih,
pendampingan kegiatan kerohanian serta pendampingan kegiatan literasi. Kedua
yaitu program individu mengajar yang meliputi persiapan mengajar (konsultasi
dengan guru pembimbing dan DPL PLT, mengumpulkan dan menyusun materi
pembelajaran, merancang RPP, membuat media pembelajaran berupa Lembar
Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan Power Point, dan diskusi RPP dengan teman
satu jurusan), mengajar terbimbing (praktik mengajar di kelas), penilaian dan
evaluasi (membuat kisi-kisi Ulangan Harian, membuat pedoman penskoran Ulangan
Harian, menyusun soal Ulangan Harian, mengoreksi hasil Ulangan Harian, membuat
analisis hasil Ulangan Harian, mengolah nilai Ulangan Harian, remidi Ulangan
Harian serta refleksi pembelajaran bersama guru pembimbing dan teman satu
jurusan). Ketiga yaitu program kegiatan non mengajar yang meliputi observasi
pembelajaran dan lingkungan sekolah, upacara hari senin, upacara hari kesaktian
pancasila, upacara sumpah pemuda, pendampingan ekstrakulikuler daur ulang,
pendampingan ekstrakulikuler pramuka kelas VII, kegiatan bulan bahasa, serta
persami. Keempat yaitu program insidental yang meliputi mendampingi hunting
turis, mengoreksi hasil PTS (VII A, VII B, VII C, IX F dan IX G), hidroponik
(membeli bibit tanaman), senam bersama.
Melalui kegiatan PLT ini, mahasiswa praktikan memperoleh berbagai macam
pengalaman baik dalam hal mengajar maupun non mengajar yang tidak dipelajari di
bangku kuliah serta kelak akan sangat bermanfaat kedepannya bagi calon pendidik.
Mahasiswa juga dapat meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan pendidikan,
mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan berbagai teori yang diperoleh
dalam proses pembelajaran serta mampu mendewasakan cara berpikir dan
meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam proses pemecahan masalah
kependidikan yang dialami sekolah. Dengan terlaksananya kegiatan PLT ini
diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas dalam
pendidikan Indonesia.
date: 2017
date_type: published
publication: Laporan PPL
publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta
institution: Universitas Negeri Yogyakarta
refereed: TRUE
citation:   Adelina Diah Rahmawati, Adelina Diah Rahmawati  (2017) LAPORAN INDIVIDU PLT.  Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.     
document_url: http://eprints.uny.ac.id/56034/1/Adelina%20Diah%20Rahmawati_14301241029_Pend.%20Matematika.pdf