eprintid: 56034 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/60/34 datestamp: 2018-03-07 07:27:32 lastmod: 2019-10-01 11:25:09 status_changed: 2018-03-07 07:27:32 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Adelina Diah Rahmawati, Adelina Diah Rahmawati title: LAPORAN INDIVIDU PLT ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Mahasiswa, SMP Negeri 10 Magelang. abstract: Praktik lapangan terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 kependidikan UNY. PLT merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mempraktikkan berbagai macam teori yang diperoleh selama duduk di bangku perkuliahan dan memperoleh pengalaman baru baik dalam hal mengajar maupun non mengajar, serta sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidang pendidikan. Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMP Negeri 10 Magelang dilaksanakan pada taggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Program kerja PLT yang tertuang dalam matrik pelaksanaan program kerja PLT UNY 2017 terdiri dari beberapa kegiatan. Pertama, program kerja kelompok PLT yang terdiri dari kegiatan perpisahan PLT, piket, jum’at bersih, pendampingan kegiatan kerohanian serta pendampingan kegiatan literasi. Kedua yaitu program individu mengajar yang meliputi persiapan mengajar (konsultasi dengan guru pembimbing dan DPL PLT, mengumpulkan dan menyusun materi pembelajaran, merancang RPP, membuat media pembelajaran berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan Power Point, dan diskusi RPP dengan teman satu jurusan), mengajar terbimbing (praktik mengajar di kelas), penilaian dan evaluasi (membuat kisi-kisi Ulangan Harian, membuat pedoman penskoran Ulangan Harian, menyusun soal Ulangan Harian, mengoreksi hasil Ulangan Harian, membuat analisis hasil Ulangan Harian, mengolah nilai Ulangan Harian, remidi Ulangan Harian serta refleksi pembelajaran bersama guru pembimbing dan teman satu jurusan). Ketiga yaitu program kegiatan non mengajar yang meliputi observasi pembelajaran dan lingkungan sekolah, upacara hari senin, upacara hari kesaktian pancasila, upacara sumpah pemuda, pendampingan ekstrakulikuler daur ulang, pendampingan ekstrakulikuler pramuka kelas VII, kegiatan bulan bahasa, serta persami. Keempat yaitu program insidental yang meliputi mendampingi hunting turis, mengoreksi hasil PTS (VII A, VII B, VII C, IX F dan IX G), hidroponik (membeli bibit tanaman), senam bersama. Melalui kegiatan PLT ini, mahasiswa praktikan memperoleh berbagai macam pengalaman baik dalam hal mengajar maupun non mengajar yang tidak dipelajari di bangku kuliah serta kelak akan sangat bermanfaat kedepannya bagi calon pendidik. Mahasiswa juga dapat meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan pendidikan, mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan berbagai teori yang diperoleh dalam proses pembelajaran serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam proses pemecahan masalah kependidikan yang dialami sekolah. Dengan terlaksananya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas dalam pendidikan Indonesia. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Adelina Diah Rahmawati, Adelina Diah Rahmawati (2017) LAPORAN INDIVIDU PLT. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/56034/1/Adelina%20Diah%20Rahmawati_14301241029_Pend.%20Matematika.pdf