relation: http://eprints.uny.ac.id/56034/
title: LAPORAN INDIVIDU PLT
creator: Adelina Diah Rahmawati, Adelina Diah Rahmawati
subject: LPPMP
description: Praktik lapangan terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus  ditempuh oleh mahasiswa S1 kependidikan UNY. PLT merupakan sarana bagi  mahasiswa untuk mempraktikkan berbagai macam teori yang diperoleh selama  duduk di bangku perkuliahan dan memperoleh pengalaman baru baik dalam hal  mengajar maupun non mengajar, serta sarana bagi mahasiswa untuk  mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidang pendidikan.  Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di  SMP Negeri 10 Magelang dilaksanakan pada taggal 15 September 2017 sampai 15  November 2017. Program kerja PLT yang tertuang dalam matrik pelaksanaan  program kerja PLT UNY 2017 terdiri dari beberapa kegiatan. Pertama, program kerja  kelompok PLT yang terdiri dari kegiatan perpisahan PLT, piket, jum’at bersih,  pendampingan kegiatan kerohanian serta pendampingan kegiatan literasi. Kedua  yaitu program individu mengajar yang meliputi persiapan mengajar (konsultasi  dengan guru pembimbing dan DPL PLT, mengumpulkan dan menyusun materi  pembelajaran, merancang RPP, membuat media pembelajaran berupa Lembar  Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan Power Point, dan diskusi RPP dengan teman  satu jurusan), mengajar terbimbing (praktik mengajar di kelas), penilaian dan  evaluasi (membuat kisi-kisi Ulangan Harian, membuat pedoman penskoran Ulangan  Harian, menyusun soal Ulangan Harian, mengoreksi hasil Ulangan Harian, membuat  analisis hasil Ulangan Harian, mengolah nilai Ulangan Harian, remidi Ulangan  Harian serta refleksi pembelajaran bersama guru pembimbing dan teman satu  jurusan). Ketiga yaitu program kegiatan non mengajar yang meliputi observasi  pembelajaran dan lingkungan sekolah, upacara hari senin, upacara hari kesaktian  pancasila, upacara sumpah pemuda, pendampingan ekstrakulikuler daur ulang,  pendampingan ekstrakulikuler pramuka kelas VII, kegiatan bulan bahasa, serta  persami. Keempat yaitu program insidental yang meliputi mendampingi hunting  turis, mengoreksi hasil PTS (VII A, VII B, VII C, IX F dan IX G), hidroponik  (membeli bibit tanaman), senam bersama.  Melalui kegiatan PLT ini, mahasiswa praktikan memperoleh berbagai macam  pengalaman baik dalam hal mengajar maupun non mengajar yang tidak dipelajari di  bangku kuliah serta kelak akan sangat bermanfaat kedepannya bagi calon pendidik.  Mahasiswa juga dapat meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan pendidikan,  mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan berbagai teori yang diperoleh  dalam proses pembelajaran serta mampu mendewasakan cara berpikir dan  meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam proses pemecahan masalah  kependidikan yang dialami sekolah. Dengan terlaksananya kegiatan PLT ini  diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas dalam  pendidikan Indonesia.
publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta
date: 2017
type: Monograph
type: PeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/56034/1/Adelina%20Diah%20Rahmawati_14301241029_Pend.%20Matematika.pdf
identifier:   Adelina Diah Rahmawati, Adelina Diah Rahmawati  (2017) LAPORAN INDIVIDU PLT.  Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.