@techreport{UNY56029,
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2017},
            type = {Project Report},
           title = {LAPORAN PLT},
          author = {Johanis Baptista Dhimas Kirana Trisno Pakadang Johanis Baptista Dhimas Kirana Trisno Pakadang},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
         journal = {Laporan PPL},
        keywords = {Praktik Lapangan Terbimbing, SMP N 1 Mungkid},
        abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa
untuk mempraktikkan beragam teori yang diterima di perkuliahan dan langkah
strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan dapat
mendharmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Pada saat kuliah, mahasiswa
menerima ilmu yang bersifat teoritis. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi
dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi
calon tenaga pendidik profesional. Peningkatan kualitas PLT terus dilakukan secara
progresif sesuai dengan visi dan misi PP PLT dan PKL. Peningkatan kualitas secara
linier dilaksanakan semenjak pembekalan, pengajaran mikro, supervisi klinis,
monitoring, refleksi, dan evaluasi serta dilakukan penelitian dan pengembangan.
Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di
SMP N 1 Mungkid dilaksanakan pada tanggal 15 September - 15 November 2017.
Pada tahap persiapan, praktikan melakukan konsultasi dengan guru pembimbing,
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan observasi peserta didik serta kondisi fisik
sekolah. Selama kegiatan, mahasiswa melaksanakan berbagai program yang
bertujuan untuk mengoptimalkan potensi siswa yang ada disekolah. Pada realisasinya,
semua kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Dengan
adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan
mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.
Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMP N 1
Mungkid ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu
pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan seni musik yang diperoleh di
bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah
terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan
adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/56029/}
}