@techreport{UNY56024, title = {LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, author = {Fita Dwi Nur Aini Fita Dwi Nur Aini}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2017}, type = {Project Report}, keywords = {PLT UNY 2017, SMP Negeri 1 Mungkid}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56024/}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mungkid selama dua bulan sejak tanggal 15 September s/d 15 November 2017. Kegiatan PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih serta mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahanpermasalahan sekolah atau lembaga terkait dengan pengelolaan proses pembelajaran maupun kegiatan non mengajar, melatih mahasiswa dalam menerapkan dan mengaplikasikan pengetahuan serta kemampuannya dengan ilmu yang diperoleh selama pembelajaran di kampus, dan memberikan bekal mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai pendidik atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memahami kondisi lingkungan pendidikan yang nyata. Sebelum pelaksanaan PLT, mahasiswa telah melakukan kegiatan sosialisasi antara lain pra- PLT melalui mata kuliah micro teaching dan observasi di sekolah baik observasi proses pembelajaran di kelas maupun observasi lingkungan sekolah. Pelaksanaan program PLT yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mungkid telah terkoordinir dengan baik, sehingga pelaksanaannya dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Melalui kegiatan PLT, praktikan telah melaksanakan 8 kali proses pembelajaran di kelas VII dan VIII. Sebelum praktik mengajar, praktikan harus membuat persiapan mengajar, seperti Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang akan diajarkan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Selain melakukan kegiatan PLT, praktikan juga melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan jurusan pendidikan Bahasa Inggris yang masih berkaitan erat dengan peningkatan mutu pembelajaran baik yang dilakukan oleh praktikan maupun diluar kegiatan yang dilakukan oleh praktikan.Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mungkid selama dua bulan sejak tanggal 15 September s/d 15 November 2017. Kegiatan PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih serta mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahanpermasalahan sekolah atau lembaga terkait dengan pengelolaan proses pembelajaran maupun kegiatan non mengajar, melatih mahasiswa dalam menerapkan dan mengaplikasikan pengetahuan serta kemampuannya dengan ilmu yang diperoleh selama pembelajaran di kampus, dan memberikan bekal mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai pendidik atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memahami kondisi lingkungan pendidikan yang nyata. Sebelum pelaksanaan PLT, mahasiswa telah melakukan kegiatan sosialisasi antara lain pra- PLT melalui mata kuliah micro teaching dan observasi di sekolah baik observasi proses pembelajaran di kelas maupun observasi lingkungan sekolah. Pelaksanaan program PLT yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mungkid telah terkoordinir dengan baik, sehingga pelaksanaannya dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Melalui kegiatan PLT, praktikan telah melaksanakan 8 kali proses pembelajaran di kelas VII dan VIII. Sebelum praktik mengajar, praktikan harus membuat persiapan mengajar, seperti Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang akan diajarkan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Selain melakukan kegiatan PLT, praktikan juga melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan jurusan pendidikan Bahasa Inggris yang masih berkaitan erat dengan peningkatan mutu pembelajaran baik yang dilakukan oleh praktikan maupun diluar kegiatan yang dilakukan oleh praktikan.} }