@techreport{UNY56021, type = {Project Report}, author = {Didik Andy Irawan}, title = {LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, year = {2017}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56021/}, keywords = {PLT UNY 2017, SMK Muhammadiyah 1 Salam, TKR}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan non formal. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian. Secara umum, tahapan pelaksanaan PLT meliputi tahap pembekalan, penerjunan, praktik mengajar, dan penarikan. Pelaksanaan program PLT dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, analisis SK-KI-KD, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) A, B, dan C dengan total jam pertemuan dikelas adalah 180 jam. Evaluasi meliputi pembuatan soal teori untuk siswa. Secara keseluruhan Program PLT dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PLT ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PLT, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan output yang handal.} }