%0 Report %9 Project Report %A Hanung Nawang Palupi, Hanung Nawang Palupi %D 2017 %F UNY:56018 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Abdi Negara, Akuntansi %T LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) %U http://eprints.uny.ac.id/56018/ %X Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa kependidikan dalam bidang pembelajaran di sekolah atau layanan lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sekaligus membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran atau layanan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMK Abdi Negara Muntilan yang beralamat di Jl.Pemuda Barat, Muntilan, Magelang. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian Akuntansi di kelas X AK. Selain itu, mahasiswa juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), piket di ruang tata usaha, piket bimbingan konseling, inventarisasi buku-buku perpustakaan, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMK Abdi Negara Muntilan ini dapat secara langsung dirasakan oleh mahasiswa terutama dalam hal menguasai persiapan pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran secara bertahap dan keseluruhan, memahami krakteristik peserta didik yang berbeda satu dengan yang lain, dapat membuat dan menerapkan metodologi pembelajaran yang tidak hanya mendidik tetapi juga menarik bagi siswa, dapat menanamkan sikap dan perilaku sesuai dengan kode etik dan tata tertib guru, serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah terutama kepada guru, siswa, karyawan dan lainnya.