%X Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media e-Learning “Be-Swiftenglish” berbasis moodle yang layak digunakan dalam kursus Bahasa Inggris, dan 2) mengetahui kelayakan media e-Learning untuk peserta kursus lembaga Swift English School Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian pengembangan ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta kursus lembaga Swift English School Yogyakarta, dengan pelaksanaan uji coba melalui 3 tahap yaitu uji coba awal dengan 2 subjek, uji coba lapangan dengan 3 subjek, dan uji coba pelaksanaan pemakaian dengan 5 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media e-Learning sebagai berikut, 1) Dihasilkan media e-Learning “Be-swiftenglish” yang layak dengan 3 pokok bahasan The Comfortable Room, You Look Outstanding, dan I Need Your Suggestions. 2) Hasil validasi dari materi memperoleh skor rata-rata 4 kategori layak, dan hasil validasi dari ahli media memperoleh skor rata-rata 3,8 kategori layak. 3) Respon peserta kursus terhadap e-Learning berdasarkan hasil uji coba yaitu pada uji coba tahap awal memperoleh skor rata-rata 3,4, uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 3,9, dan uji pelaksanaan pemakaian memperoleh skor rata-rata 3,7. Hasil keseluruhan uji coba media e-Learning “Be-Swiftenglish” menunjukkan kriteria baik dari penilaian peserta kursus dengan kategori “layak”. %A 13105241025 Pipit Yusuf Fendy %L UNY55997 %T PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK PESERTA KURSUS DI SWIFT ENGLISH SCHOOL YOGYAKARTA %D 2017 %I Universitas Negeri Yogyakarta