@phdthesis{UNY55993, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KARANGMLOKO 2}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {13105244023 Mochamad Kamil Budiarto}, month = {December}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55993/}, abstract = {Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang layak digunakan untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar dengan materi sistem peredaran darah pada manusia yang ditinjau dari aspek penilaian, seperti aspek tampilan, aspek program, aspek pembelajaran dan aspek isi/materi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi prosedur tahapan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu:(1) Analyze/Analisis, (2) Design/Desain, (3) Development /Pengembangan, (4) Implementation/Implementasi, (5) Evaluation/Evaluasi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Karangmloko 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, kuisioner ahli media, ahli materi, respons siswa, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dari hasil kuisioner kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media pada tahap 1 dengan rerata skor 3,36 dan pada validasi ahli media tahap 2 didapatkan rerata skor 4,02 masing-masing termasuk dalam kriteria baik, pada validasi ahli materi tahap 1 dengan rerata skor 3,70 dan validasi ahli materi tahap 2 mendapatkan rerata skor 4,10 masing-masing termasuk dalam kriteria baik. Pada uji coba lapangan 1 yang melibatkan 8 siswa, mendapatkan hasil penilaian dengan rerata skor 4,14 termasuk dalam kriteria baik, pada uji coba lapangan 2 yang melibatkan 20 siswa, mendapatkan hasil penilaian dengan rerata skor 4,36 termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil penilaian pada penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan oleh siswa kelas V SD sebagai media pembelajaran untuk materi sistem peredaran darah pada manusia.} }