TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/55971/ AV - public TI - PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) KW - PLT KW - UNY KW - Kegiatan KW - Mengajar M1 - project_report ID - UNY55971 PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Muhammad Ilyas Sidiq, Muhammad Ilyas Sidiq Y1 - 2017/// N2 - Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang wajib dilaksanakan bagi seluruh mahasiswa program kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah, dan juga untuk melatih dan mengembangkan empat kompetensi guru, yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Program PLT ini dilaksanakan tanggal 15 September 2017 sampa dengan 15 November 2017. Berlokasi di SMP Negeri 1 Muntilan yang beralamatkan di Jalan Pemuda No 161, Muntilan Kabupaten Magelang. Kegiatan selama PLT dikategorikan menjadi dua, yaitu : (a) kegiatan mengajar dan (b) kegiatan non-mengajar. Kegiatan mengajar meliputi : observasi, praktik mengajar, pembuatan RPP, media dan ulangan harian, dan konsultasi dengan guru. Untuk kegiatan non-mengajar meliputi kegiatan diluar kbm serta pendampingan kegiatan-kegiatan sekolah. Kegiatan-kegitan tersebut telah mendapatkan persetujuan baik dari pihak sekolah maupun pihak mahasiswa dan berada dalam pengawasan dari pihak sekolah. Banyak manfaat yang didapatkan mahasiswa dari PLT yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muntilan. Selain pengalaman mengajar, penulis juga mendapatkan pengalaman di luar mengajar seperti pengalaman yang didapatkan di lingkungan sekolah serta pengalaman sosial yang kelak akan membangun karakter mahasiswa menjadi pribadi yang sopan dan mudah bergaul di masyarakat. PLT ini telah menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mempraktikkan teori yang yang telah di dapat selama dibangku kuliah. Segala manfaat tersebut pada akhirnya akan memenuhi tujuan awal dari program PLT yaitu memberikan pengalaman bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dan juga untuk melatih dan mengembangkan empat kompetensi guru, yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. ER -