@techreport{UNY55965, journal = {Laporan PPL}, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Nuril Arifa Sakti Nuril Arifa Sakti}, title = {LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {PLT, Bahasa Inggris, SMP N 1 Muntilan.}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakulikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PLT adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengemabangkan potensinya. Sebelum melakukan PLT terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PLT dilaksanakan dari tanggal 15 September dan berakhir tanggal 15 November 2017 yang bertempat di SMP N 1 Muntilan. Alamat sekolah terletakdi Jalan Pemuda, No. 161, Muntilan, Magelang. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus. Mata Pelajaran yang diampu adalah Bahasa Inggris. Mata Pelajaran Bahasa Inggris diampukan ke Kelas VIII A,B,C,D,E frekuensi tatap muka dua kali dalam satu minggu untuk masing-masing kelas, dimana alokasi waktunya masing-masing 2 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa yang akan datang.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55965/} }