@techreport{UNY55925, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, author = {Latifudin Nur Fauzi Latifudin Nur Fauzi}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55925/}, keywords = {UNY , PLT, Mahasiswa Praktikan, SMA Negeri 4 Magelang. Praktik Mengajar, Geografi}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan maupun nonkependidikan untuk menghasilkan manusia unggul yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Praktik lapangan terbimbing yang dilaksanakan yaitu dalam bentuk pelatihan pengalaman belajar di dalam dunia pendidikan atau sekolah yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon guru di masa yang akan datang. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang dilaksanakan berlokasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Magelang yang beralamatkan di Jalan Panembahan Senopati No.42/47. PLT dilaksanakan selama dua bulan yang dimulai tanggal 15 September 2017 hingga tanggal 15 November 2017. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) meliputi kegiatan pra PLT berupa observasi sekolah dan peserta didik, kegiatan praktik lapangan berupa kegiatan persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi mengajar serta kegiatan pasca PLT berupa penyusunan laporan kegiatan praktik mengajar. Selama kegiatan PLT, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan praktik mengajar terbimbing di dua kelas, yaitu kelas XI IPS 3 dan kelas XI IPS 4 untuk mata pelajaran geografi. Dari keseluruhan kegiatan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 20 kali. Secara umum, program-program yang telah direncanakan untuk kegiatan praktik mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pelaksanaan program selama kegiatan praktik mengajar tidak terlepas dari berbagai hambatan yang dialami oleh mahasiswa praktikan, namun mahasiswa praktikan berhasil mengatasi berbagai hampatan tersebut sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan program selama praktik lapangan terbimbing dengan baik. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh selama kegiatan ini berlangsung. Selain itu kegiatan ini juga dapat melatih mahasiswa praktikan agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesungguhnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional dibidangnya.} }