@techreport{UNY55921,
          author = {Danny Budi UtamaPamungkas Danny Budi UtamaPamungkas},
            type = {Project Report},
           title = {LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
         journal = {Laporan PPL},
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2017},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/55921/},
        keywords = {PLT , SMA N 4 Magelang, SeniBudaya (Tari)},
        abstract = {Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang
mempunyai misi menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi
dalam bidang kependidikan yang didukung bidang nonkependidikan untuk
menghasilkan manusia unggul yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan
kecendikian. Misi tersebut kemudian di implementasikan pada program
pemberdayaan sekolah melalui jalur Praktik LapanganTerbimbing (PLT) di
sekolah.
Pada kegiatan PLT ini, mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran,
tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program
pengembangan sekolah. Selama kurang lebih 2 bulanpada semester ganjil, mulai
dilaksanakan 15 September 2017 sampai dengan 15 november 2017. Praktik
Lapangan Terbimbing (PLT) ini bertujuan untuk memberikan pengalaman
mengajar bagi mahasiswa, sehingga nantinya diharapkan akan mempunyai
kesiapan untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang berkualitas.
Dalam pelaksanaannya, mahasiswa PLT melaksanakan pembelajaran
terbimbing dan pembelajaran mandiri pada matapelajaran SeniBudaya (SeniTari)
sebanyak 14 kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPA 4, X IPS 1, X IPS 2, X IPS
3, X IPS 4, X BAHASA, XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3, XII IPS 4 DAN XII
BAHASA dengan jumlah pertemuan 14 kali pertemuan yang terdiri dari minggu
pertama observasi kelas, 1 minggu untuk materi teori dan 5 kali pertemuan untuk
materi praktek tari Jaranan untuk kelas X dan tari Kipas untuk kelas XII.Sehingga
total pertemuanyakni 14 pertemuan.
Melalui kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing ini, praktikan
mendapatkan banyak bekal seperti pengalaman serta gambaran nyata tentang
kegiatan pembelajaran, serta nilai-nilai seperti kerja keras, kerjasama,
tanggungjawab, dan disiplin. Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam
mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang professional dan
memiliki keterampilan mengajar. Untuk pelaksanaan PLT periode yang akan
dating ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan
kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.}
}