@techreport{UNY55915, title = {LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, author = {Erli Kurniati Erli Kurniati}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2017}, type = {Project Report}, abstract = {Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu institusi pendidikan yang mengedepankan pengembangan diri untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang professional dengan berdasar pada nilai dan norma. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah praktik antara lain Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Tujuan utama dari kegiatan PLT yaitu untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran di sekolah, dalam rangka belajar dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan yang dimiliki. Dalam pelaksanaan PLT yang berlokasi di SMA Negeri 1 Magelang, mahasiswa praktikan mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yakni pengajaran mikro, pembekalan PLT yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2017, observasi pembelajaran di kelas pada tanggal 13 September 2017, dan persiapan pembuatan materi untuk mengajar. Kegiatan PLT dimulai pada tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Di dalam PLT ini terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yakni penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PLT. Pengajaran di kelas dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2017 sampai dengan 9 November 2017. Pengajaran dilakukan sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing Sosiologi di SMA Negeri 1 Magelang. Melalui kegiatan PLT ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik serta dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal. Selain itu, diharapkan agar mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman faktual yang diperoleh dari kegiatan ini baik dalam hal pengembangan metode pembelajaran dan variasi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum.}, keywords = {Institusi Pendidikan, PLT, proses pengajaran}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55915/} }