eprintid: 55906 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/59/06 datestamp: 2018-03-05 07:32:51 lastmod: 2019-10-01 11:25:13 status_changed: 2018-03-05 07:32:51 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ahsan Fauzi, Ahsan Fauzi title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Praktik, Mengajar, SMK 17 Magelang abstract: Pelaksanaan Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain pelaksanaan KKN dan Tugas Akhir serta Skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. Pelaksanaan PLT meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 di SMK 17 Magelang. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (membuat soal ulangan harian, membuat soal evaluasi, membuat agenda harian, membantu administrasi guru, membuat RPP, dan membuat materi ajar), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X AK 1 dan XI AK 1. Evaluasi meliputi pembuatan soal dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Program PLT dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa mengalami suatu hambatan yang berarti. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah meningkatkan kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah sekaligus memperluas wawasan dan pengalaman tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan yang menunjang kelancaran proses belajar-mengajar di sekolah. Sebagai upaya peningkatan kualitas dan profesionalitas tenaga pengajar, kegiatan PPL perlu ditingkatkan dengan membina hubungan antar lembaga pendidikan yang terkait. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ahsan Fauzi, Ahsan Fauzi (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/55906/1/14803241076_AHSAN%20FAUZI_PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.pdf