eprintid: 55904 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/59/04 datestamp: 2018-03-05 07:18:59 lastmod: 2019-10-01 11:30:54 status_changed: 2018-03-05 07:18:59 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: OKTARIANI, OKTARIANI title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, SMA N 2 Magelang, Sejarah Peminatan abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus di tempuh. Dalam hal ini penyusun melaksanakan PLT di SMA Negeri 2 Magelang selama kurang lebih dua bulan sejak tanggal 15 September – 15 November 2017. Tujuan PLT adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata mengenai proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di sekolah sebagai bekal pengembangan diri menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi sampai pelaksanaan yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah melakukan konsultasi dengan guru pembimbing, kemudian menyusun materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran dan evaluasi serta pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kegiatan PLT ini dengan 2 mahasiswa mengampu mata pelajaran Sejarah Peminatan Kelas X dengan alokasi 3 jam pelajaran setiap pertemuan. Dalam kegiatan ini dengan 2 mahasiswa mendapatkan tiga kelas yang sama yaitu X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3. Tiap minggu masing-masing mahasiswa mengampu 5 jam pelajaran dan 4 jam pelajaran secara bergantian. Secara keseluruhan pelaksanaan PLT dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi juga berjalan dengan baik. Dari kegiatan pelaksanaan PLT di SMA N 2 Magelang, mahasiswa mendapatkan hasil pengalaman dalam praktik mengajar dalam bidang mata pelajaran Sejarah Peminatan. Mahasiswa memperoleh pengalaman yang sangat berharga terutama dalam bidang pembelajaran dan pendidikan. Hambatan-hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri di bidang pendidikan. Selain itu, kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: OKTARIANI, OKTARIANI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/55904/1/OKTARIANI%20PEND.%20SEJARAH%2014406244019.pdf