@techreport{UNY55892, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, author = {Yoga Hadi Yulianto Yoga Hadi Yulianto}, type = {Project Report}, year = {2017}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55892/}, keywords = {PLT, Program PLT, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi}, abstract = {Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program yang memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan berbagai teori yang diterima selama perkuliahan. Pada saat kuliah, Mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis dan praktis dalam lingkup kecil (mikro). Oleh karena itu, pada saat Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) inilah Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan ilmu yang diterima diperkuliahan sekaligus menimba ilmu secara empirik. Tidak sebatas mengetahui secara teori , tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut dalam situasi mengajar di dalam kelas yang sesungguhnya. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang digunakan sebagai bakal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai sikap, pengetahuan , dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang Pendidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMPN 7 Magelang Kota mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 ? 15 November 2017 . Dalam hal ini, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) melakukan kegiatan pembelajaran baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini, Mahasiswa menjalankan program pembelajaran minimal 4 kali pertemuan terbimbing dan 4 kali pertemuan mandiri. Pelaksanaan kegiatan PLT secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PLT yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PLT meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, pengajuan proposal dan pelaksanaan program. Pelaksanaan PLT di SMP Negeri 7 Magelang meliputi program pembuatan administrasi guru, pemetaan KI dan KD, pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, pembuatan soal evaluasi, analisis penilaian, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler siswa, administrasi dan pengelolan laboratorium IPA, serta konsultasi pembimbing. Setelah pelaksanaan PLT, peserta PLT wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PLT. Adanya Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini memberikan bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan, khususnya sekolah. Terselenggaranya Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini diharapkan dapat melahirkan tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional.} }