%0 Thesis %9 S2 %A Muliani, Rini %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:55867 %I UNY %K Evaluasi Program, Pembelajaran Matematika, Countenance Stake %T Evaluasi Program Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri Kabupaten Lombok Tengah. %U http://eprints.uny.ac.id/55867/ %X Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program pembelajaran Matematika kelas X di SMA Negeri Kabupaten Lombok Tengah berdasarkan kualitas perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Countenance Stake, dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Lombok Tengah dengan guru dan siswa kelas X sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah divalidasi dengan menggunakan validitas isi dan validitas konstrak. Validitas isi digunakan untuk instrumen observasi dan angket, sedangkan validitas konstrak digunakan pada instrumen angket. Instrumen observasi dan angket tersebut juga sudah di estimasi kereliabilitasannya. Setelah melakukan analisis, maka instrumen tersebut dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelengkapan komponen pada rencana pelaksanaan pembelajaran Matematika kelas X berada dalam kategori sangat baik, sedangkan kesesuaiannya dengan silabus berada dalam kategori cukup baik. (2) pelaksanaan pembelajaran Matematika kelas X berada dalam kategori baik. (3) pelaksanaan penilaian pembelajaran Matematika juga berada dalam kategori baik. (4) hasil belajar peserta didik sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)