%0 Report %9 Project Report %A Efi Pujijayanti, Efi Pujijayanti %D 2017 %F UNY:55827 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Laporan, PLT, SMP Negeri 2 Depok Sleman %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) %U http://eprints.uny.ac.id/55827/ %X ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PLT memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PLT mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan di SMP Negeri 2 Depok, Sleman yang beralamat di Jalan Dahlia Perumnas Condong Catur, Depok, Sleman, DIY dan berlangsung mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Persiapan praktik mengajar meliputi observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 03 Maret 2017, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPP dan media pembelajaran. Kegiatan praktik mengajar meliputi observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar di kelas yang telah disepakati dengan guru pembimbing atau guru pamong mata pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Maka dari itu, kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila.