%T CONCEPTUAL ART DALAM KARYA SENI LUKIS ANAK USIA 4 SAMPAI 8 TAHUN %I Fakultas Bahasa dan Seni %D 2018 %L UNY55823 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ide dan konsep lukisan anak usia 4 sampai 8 tahun berdasarkan model penciptaan conceptual art. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah lukisan anak usia 4-8 tahun berupa dekskipsi karya seni lukis anak usia 4-8 tahun, dan dokumen tambahan mengenai teori conceptual art, seni lukis anak, dan teori perkembangan manusia. Sumber data primer pada penelitian ini adalah lukisan anak usia 4 sampai 8 tahun sebagai sumber data mengenai ide dan konsep karya. Sumber data sekunder berupa dokumen- dokumen mengenai seni lukis anak, karya, dan teori conceptual art. Subjek penelitian ini adalah lukisan anak, sedangkan objek formal meliputi ide dan konsep, dan objek material meliputi warna, garis, bidang, dan bentuk. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan karya seni lukis anak usia 4 sampai 8 tahun berdasarkan konstruksi conceptual art. Hasil verifikasi kemudian melewati tahapan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik pemeriksaan triangulasi untuk membuktikan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ide dan konsep merupakan fondasi dalam anak berkarya seni lukis. Anak-anak usia 4-8 tahun menggunakan seni lukis sebagai sarana menyampaikan hal yang ada dalam pikiran dan perasaannya yakni ide dan konsep. Berdasarkan hasil analisis data, ide yang disampaikan anak usia 4- 8 tahun dalam bentuk karya seni lukis diantaranya adalah representasi diri, tempat tinggal, pemandangan gunung, pergi berlibur naik alat transportasi, proses sosial, jalan raya, dan kartun. Sedangkan konsep yang disampaikan dalam lukisan anak diantaranya adalah konsep ruang dan konsep waktu. %A Saptari Siwi Wahyuningsih