@phdthesis{UNY55821, year = {2017}, school = {UNY}, author = {Ria Kumila Wijayanti}, title = {Pengembangan Instrumen Penilaian Buku Siswa Tematik Terpadu SD/MI Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan}, month = {August}, abstract = {Penelitian mi bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen penilaian yang akurat dan tepercaya untuk mengpenilaian buku siswa tematik-terpadu SD, (2) mengetahui keefektifan penggunaan instrumen penilaian yang dipakai untuk mengpenilaian buku siswa tematik-terpadu SD. Penelitian pengembangan instrumen Penilaian Buku siswa Tematik-Terpadu SD ini mengikuti langkah pengembangan instrumen prosedural yang terdiri dari: (1) menentukan spesifikasi instrumen, (2) menulis instrumen, (3) menentukan skala instrumen, (4) menentukan sistem penskoran, (5) menelaah instrumen, (6) melakukan uji coba, (7) menganalisis instrumen, (8) merakit instrumen, (9) melaksanakan pengukuran, (10) menafsirkan hasil pengukuran. Subjek uji coba terbatas terdiri dari tiga guru di SD Percobaan 4 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan terdiri dari sepuluh guru di SD Negeri Kota Yogyakarta antara lain: (1)SD N Lempuyangwangi, (2) SD N Serayu, (3) SD N Karangayar, (4) SD N Keputran 1, (5) SD N Keputran 2, (6) SD N Tamansari, (7) SD N Sayidan, (8) SD N Ungaran, (9) SD N Widoro, (10) SD N Tegalpanggung. Pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk lembaran penilaian buku teksyang dilengkapi pedoman penilaian instrumen. Data dianalisis dengan menggunakan validitas isi dari Aiken dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan intraclass correlation coefficient (ICC). Hasil penelitian berupa instrumen penilaian buku siswa tematik-terpadu SD . Ditinjau dan aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek grafika instrumen penilaian buku siswa tematik-terpadu SD ini termasuk dalam kategori layak dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas yang baik. Butir instrumen memiliki nilai validitas berkisar antara 0,525sampai dengan 0,825 dan koefisien reliabilitas instrumen tinggi dengan nilai 0,876. Instrumen yang dikembangkan juga dapat digunakan secara efektif berdasarkan hasil analisis uji beda rerata skor penilaian oleh guru dengan skor penilaian oleh peneliti nilai signifikansi sebesar 0,767 ({\ensuremath{>}}0,05) yang berarti bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan antara penilaian para guru dan peneliti. Kata Kunci: buku siswa kelas IV, instrumen penilaian, validitas, reliabilitas.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55821/} }