TY - THES Y1 - 2018/02/26/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan kerja sama siswa kelas XI SMA yang mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity, (2) menganalisis perbedaan antara prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity. Penelitian ini merupakan penelitian di bidang pendidikan kimia menggunakan desain penelitian pre experimental design dengan jenis pretest and posttest one group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA semester 2 SMAN 1 Tempel Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 56 orang. Selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh, yaitu jika seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 56 orang. Materi kimia yang digunakan dalam penelitian adalah larutan asam dan basa. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji-t, dan NGain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan kerja sama siswa kelas XI SMA yang mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor seluruh aspek adalah 1 3,78, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity berupa peningkatan prestasi belajar dalam kategori rendah (N-Gain = 0,27; t = -11,717; p = 0,000). A1 - Muhadir, Faiz Amrillah PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY TI - PENGARUH MODEL CHEMISTRY OUTDOOR ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP KETERAMPILAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA AV - public ID - UNY55789 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/55789/ ER -