eprintid: 55785 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1188 dir: disk0/00/05/57/85 datestamp: 2018-02-26 02:35:51 lastmod: 2019-01-30 16:01:05 status_changed: 2018-02-26 02:35:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Emi, Sri Kurniawati title: PENGARUH MEDIA FUN THINKERS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU KELAS VII SMPLB-B DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN ispublished: pub subjects: pend_luar_biasa divisions: fip_plb full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLBB di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretestposttest design. Subjek penelitian menggunakan dua siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B yang mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik non parametrik jenis tes tanda. Hasil penelitian dari hasil uji tes tanda yang memperoleh Thitung = 0 (α = 0,05), jadi Th ≤ Tα, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti Media Fun Thinkers berpengaruh terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor hasil pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest yang didapatkan yaitu 58,5 dan rata-rata skor posttest 90. Dimana terjadi kenaikan skor sebesar 31,5%. Hasil penelitian ini sesuai dengan tipe belajar anak tunarungu yaitu pemata, yang akan tertarik dengan media yang menyajikan gambar yang menarik seperti Media Fun Thinkers. date: 2017-07-20 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Luar Biasa thesis_type: skripsi citation: Emi, Sri Kurniawati (2017) PENGARUH MEDIA FUN THINKERS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU KELAS VII SMPLB-B DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/55785/1/Emi%20Sri%20Kurniawati_13103241086.pdf