@phdthesis{UNY55785, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2017}, month = {July}, title = {PENGARUH MEDIA FUN THINKERS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU KELAS VII SMPLB-B DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN}, author = {Sri Kurniawati Emi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55785/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLBB di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretestposttest design. Subjek penelitian menggunakan dua siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B yang mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik non parametrik jenis tes tanda. Hasil penelitian dari hasil uji tes tanda yang memperoleh Thitung = 0 ({\ensuremath{\alpha}} = 0,05), jadi Th {$\leq$} T{\ensuremath{\alpha}}, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti Media Fun Thinkers berpengaruh terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor hasil pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest yang didapatkan yaitu 58,5 dan rata-rata skor posttest 90. Dimana terjadi kenaikan skor sebesar 31,5\%. Hasil penelitian ini sesuai dengan tipe belajar anak tunarungu yaitu pemata, yang akan tertarik dengan media yang menyajikan gambar yang menarik seperti Media Fun Thinkers.} }