TY - THES ID - UNY55771 UR - http://eprints.uny.ac.id/55771/ M1 - skripsi AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa conduct disorder kelas II SLB E Prayuwana Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal. Desain yang digunakan adalah A-B-A? yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek penelitian ini adalah siswa conduct disorder kelas II SLB E Prayuwana Yogyakarta yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Pengumpulan data menggunakan tes membaca permulaan. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan membaca permulaan selama fase intervensi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa yang di buktikan melalui peningkatan perolehan skor mean level membaca permulaan subjek. Subjek mendapatkan mean level meningkat dari 41 pada kondisi baseline 1 (A) menjadi 70,6 pada saat intervensi (B) dan 79,3 pada saat baseline 2 (A). Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media big book efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan ditunjukkan dengan meningkatnya perolehan skor membaca permulaan pada fase intervensi dan fase baseline 2 serta didukung presentase overlap yang rendah. Presentase overlap antar kondisi baseline 1 dan fase intervensi yaitu 0% dan fase intervensi dengan baseline 2 juga sebesar 0%. Secara keseluruhan, penggunaan media big book berpengaruh positif dan efektif terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa conduct disorder kelas II SLB E Prayuwana Yogyakarta. Y1 - 2017/09/20/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA CONDUCT DISORDER KELAS II SD DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA A1 - Pradita, Puspa Pradana ER -