@phdthesis{UNY55754, title = {Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Klasifikasi Dan Geometri Pada Anak Usia 4 ?5 Tahun}, author = {Dita Primashanti Koesmadi}, month = {October}, year = {2017}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55754/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri anak usia 4-5 tahun, dan (2) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan klasifikasi anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini semua kelompok A TK/RA di Desa Tambakromo Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Alam Ceria dan kelompok A TK Negeri Pembina. Teknik pengambilan sample penelitian menggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -1,822 {$\leq$} t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -19,647 {$\leq$} t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,531 {$\leq$} t tabel sebesar1,697, (2) terdapat pengaruh kegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan klasifikasi pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -2,529 {$\leq$} t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -11,172 {$\leq$} t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,089 {$\leq$} t tabel sebesar1,697. Kata kunci: Constructive play, Geometri, Klasifikasi.} }