TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/55740/ ID - UNY55740 M1 - project_report TI - LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERMBIMBING AV - public KW - Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) KW - SMK Kristen 1 Klaten KW - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Galih Jefry Sagita, Galih Jefry Sagita PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2017/// N2 - Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib diambil oleh mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PLT ini diadakan guna melatih mahasiswa dalam menyiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang harus memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan pedagogik yang profesional sehingga mahasiswa memiliki kompetensi dibidangnya. Sebagai modal mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan PLT sebagai salah satu syarat menyelesaikan gelar sarjana pendidikan dan nantinya mahasiwa memperoleh pengalaman di lapangan guna memberikan gambaran mengenai dunia pendidikan itu sendiri. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMK Kristen 1 Klaten yang berada di Jalan Diponegoro, Gumulan, Klaten Tengah, Jawa Tengah mulai tanggal 15 September ? 15 November 2017. Dalam pelaksanaannya, PLT di bagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap persiapan yang meliputi pembekalan PLT, pembelajaran mikro, observasi sekolah dan kelas, serta pengembangan rencana pembelajaran. Tahap selanjutnya yaitu tahap pelaksanaan, dimana pada tahap ini, mahasiswa melakukan praktik mengajar sekaligus melakukan persiapan-persiapan pengajaran dan ikut melakukan praktik persekolahan. Dalam praktik mengajar, mahasiswa terlebih dahulu diharuskan membuat perangkat-perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti RPP, modul, materi, media pembelajaran. Pembinaan Pramuka, lomba bahasa jawa dan kegiatan lain yang ada di sekolah. Hasil kegiatan PLT adalah terlaksana kegiatan praktek mengajar mandiri 6 kali dan 4 kali team teaching pada kelas X TOI (Teknik Otomasi Industri), pembuatan inventaris bengkel, poster K3 dan administrasi pengajaran. ER -