TY - RPRT TI - LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING AV - public KW - PLT UNY KW - SMP N 2 Cangkringan ID - UNY55718 M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/55718/ N2 - Kegiatan Praktikum Lapangan Terbimbing atau di singkat PLT merupakan salah satu program yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, kegiatan praktik lapangan terbimbing (PLT) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan program studinya. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di MAN 3 Sleman yang beralamat Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sleman yang dilaksanakan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 19 September 2017 hingga 19 November 2017. Program PLT dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Kegiatan pelaksanaan PLT, berupa praktik pembelajaran. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan praktik lapangan terbimbing dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah maupun kesiapan dari mahasiswa sendiri. Dalam pelaksanaan PLT ini mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum mengampu kelas VII A, VII B, dan VIII A dengan jumlah siswa 92 anak, Kegiatan belajar mengajar berlangsung sebanyak 18 kali pertemuan. Dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas berjalan dengan lancar dan tertib. Praktik Lapangan Terbimbing dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target jam yang telah ditetapkan. Namun dalam pelaksanaannya tidak dapat dipungkiri banyak terjadi hambatan dan permasalahan tetapi setiap hambatan selalu ada solusi sehingga kegiatan tetap berjalan. Diharapkan dari proses pembelajaran selama kegiatn PLT ini dapat dijadikan pengalaman guna menambah bekal bagi mahasiswa PLT untuk menjadi calon guru yang profesional yang merupakan tujuan dari kegiatan PLT. Y1 - 2017/// A1 - Minawati Dewi, Minawati Dewi PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ER -