TY - THES PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A1 - Kuswanti, Dwi Tresno N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok B1 dalam membaca melalui permainan label di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Randubelang Bangunharjo Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Siklus II dilakukan sebagai pemantapan dari siklus I dengan pembelajaran dilakukan selama 6 kali pertemuan dalam waktu 4 minggu. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 di TK Aisyiyah Randubelang tahun ajaran 2011-2012 pada bulan Maret sampai Mei yang terdiri dari 21 anak dengan 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Tindakan berupa pembelajaran kemampuan membaca menggunakan permainan label. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskreptif kualitatif. Setelah peneliti mengadakan observasi dan evaluasi terhadap kegiatan selama dua siklus tindakan, hasilnya menunjukkan bahwa dengan permainan label, kemampuan membaca anak menjadi meningkat. Hal ini dibuktikan dengan pada kondisi awal anak yang aktif mengikuti pembelajaran masih sedikit yaitu 14,29%, masih banyak yang berbicara sendiri dengan teman sebelahnya, kemudian pada siklus I, setelah diberi permainan dengan label naik sebesar 57,14. Peningkatan yang diperoleh sudah cukup bagus dan memuaskan akan tetapi masih diperlakukan siklus II karena belum sesuai dengan harapan. Pada siklus II Kemampuan membaca anak meningkat, anak-anak lebih termotivasi untuk membaca apa saja yang ada disekitar dengan permainan label, dengan peningkatan sebesar 85.71%, sehingga sudah tercapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kata kunci: permainan label, kemampuan membaca Y1 - 2012/07/28/ UR - http://eprints.uny.ac.id/5571/ AV - public TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN LABEL PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK AISYIYAH RANDUBELANG BANGUNHARJO SEWON BANTUL ID - UNY5571 M1 - skripsi ER -