TY - RPRT AV - public PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) A1 - NUR HIKMAH RESMIATI, NUR HIKMAH RESMIATI Y1 - 2017/// KW - Praktek Lapangan Terbimbing KW - PLT UNY 2017. ID - UNY55688 UR - http://eprints.uny.ac.id/55688/ N2 - Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa kependidikan di seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelumnya, kegiatan ini bernama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). PLT merupakan praktek mengajar secara langsung di sekolah, dimana mahasiswa dapat menerapkan ilmu kependidikan maupun ilmu bidang studi yang telah diperolehnya di bangku kuliah, serta dapat melatih mahasiswa untuk mengembangkan dirinya sebelum terjun langsung menjadi tenaga pendidik dan menghadapi dunia kerja. Pelaksanaan PLT dilalui lewat serangkaian kegiatan mulai dari observasi sekolah dan kelas, pengajaran mikro (micro teaching), hingga pelaksanaan PLT di sekolah. Dan terbagi menjadi beberapa tahap mulai dari persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, hingga evaluasi hasil mengajar. PLT yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngemplak yang berlokasi di Jl. Jangkang-Manisrenggo Km.2, Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, dimulai pada tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas X IIS 1, sebanyak 19 jam pelajaran yang dilaksanakan melalui 12 kali pertemuan dan di kelas X IIS 2 sebanyak 1 jam pelajaran untuk satu pertemuan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan mengajar menggunakan beberapa metode diantaranya dengan pembelajaran inkuiri, Contextual Teaching and Learning (CTL), Cooperative Learning, Project Based Learning, dan sebagainya. Dalam kegiatan PLT tersebut, hasil yang diperoleh adalah mahasiswa dapat belajar menerapkan ilmu pengetahuan dan kependidikan dalam bidang Pendidikan Ekonomi. Mahasiswa juga belajar untuk mengatasi hambatan yang dihadapinya baik yang berasal dari faktor internal seperti kemampuan mahasiswa dalam mengalokasikan waktu; maupun faktor eksternal seperti faktor perbedaan karakter dan tingkat pemahaman peserta didik serta terbatasnya sarana pendukung pembelajaran seperti kabel proyektor. Diharapkan ke depannya pelaksanaan PLT dan kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan SMA Negeri 1 Ngemplak tetap dapat berjalan dengan baik. M1 - project_report ER -