TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengawasan dan strategipengawas sekolah di Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Subjek penelitian adalah pengawas sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan model analisis Miles, Huberman & Saldana (2014). Keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pengawasan pengawas sekolah di Kecamatan Mlati dilakukan dengan: (a) penyusunan program pengawasan dibuat oleh tim pengawas yang ada di tingkat kabupaten terutama program tahunan. Sedangkan penjabaran ke dalam rencana pengawasan akademik dan rencana pengawasan manajerial dilakukan oleh masing-masing pengawas; (b) pelaksanaan program pengawasan mengacu pada program yang telah disusun dengan melakukan supervisi rutin maupun secara insidental; (c) hasil pelaksanaan program pengawasan di sekolah binaan menjadi bahan evaluasi dan materi pembinaan, (d) pengawas sekolah mengalami kendala dalam pelaksanaan tugas kepengawasan, yaitu: (1) beban kerja pengawas yang banyak; (2) jumlah pengawas terlalu sedikit dibanding dengan sekolah binaan; (3) tidak adanya pemisahan tugas antara pengawas SD dan pengawas TK yang menyebabkan pengawasan menjadi tidak maksimal; 2) pengawas sekolah telah membuat strategi pengawasan, yaitu: pembinaan guru baik di sekolah maupun di KKG, melakukan penjajakan kemampuan guru, melakukan supervisi bersama, pendekatan secara kekeluargaan, membuat program melek internet, pengawas dengan guru mengadakan studi banding. M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/55633/ KW - Pelaksanaan Pengawasan KW - Strategi Pengawas Sekolah ID - UNY55633 Y1 - 2018/01/31/ AV - restricted A1 - Purwoko, Purwoko PB - UNY TI - Pelaksanaan Pengawasan dan Strategi Pengawas Sekolah Dasar di Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. ER -