%I Fakultas Ekonomi %D 2018 %T PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta) %L UNY55610 %A Nur Said Akhdan %K Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi FE UNY, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual. %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Kecerdasan Intelektual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (2) Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (3) Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (4) Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi FE UNY. Desain penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 program studi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini bersifat populatif dimana semua anggota populasi dalam penelitian ini digunakan sebagai responden. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner. Uji validitas menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha yang menunjukkan seluruh instrumen valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi FE UNY, dibuktikan dengan persamaan regresi Y = 27.140 + 0.934 X1 koefisien regresi bernilai positif sebesar 0.934. Nilai t hitung 3.178 > t tabel 1.655 dan nilai signifikansinya sebesar 0,002 < 0,05 (2) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan persamaan regresi Y = 30.781 + 0.738 X2 koefisien regresi bernilai positif sebesar 0.738 Nilai t hitung 2.167 > t tabel 1.655 dan nilai signifikansinya sebesar 0,032 < 0,05, (3) Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan persamaan regresi Y = 29.753 + 0,741 X3 koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,741. Nilai t hitung 2.600 > t tabel 1,655 dan nilai signifikansinya sebesar 0,010 < 0,05, (4) Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai, dibuktikan dengan persamaan regresi Y = 13.776 + 0,738 X1 + 0,119 X2 + 0,493 X3 koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,738 X1, 0,119 X2, 0,493 X3. Nilai f hitung 4.489 > f tabel 2,67 dan nilai signifikansinya sebesar 0,005 > 0,050.