@techreport{UNY55560, author = {Makmur Wijayanti Makmur Wijayanti}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55560/}, keywords = {PLT TK TUNAS HARAPAN CANDIREJO, PLT UNY ,PLT UNY 2017,UNY}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan ilmu teoretis yang sudah diperoleh dari bangku perkuliahan. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu matakuliah wajib bagi program studi kependidikan dan sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tesebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk menerapkan hasil pembelajaran yang telah diperoleh selama mengikuti belajar di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PLT dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki bagi seorang pendidik yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian. Program PLT ini dilaksanakan di TK TUNAS HARAPAN CANDIREJO yang beralamat di Tegaltirto, Berbah, Sleman. Persiapan yang dibutuhkan sebelum mengajar antara lain, observasi, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian serta mempersiapkan media pembelajaran. Kemudian telah diamanahi oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas A dan kelas B selama 2 bulan pada semester gasal. Dalam kegiatan PLT di TK TUNAS HARAPAN CANDIREJO, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas A dan kelas B. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata terkaitan dengan penerapan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.} }