eprintid: 55550 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/55/50 datestamp: 2018-02-14 02:37:47 lastmod: 2019-10-01 11:28:48 status_changed: 2018-02-14 02:37:47 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Isrofik, Isrofik title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Lpangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang telah menyelesaikan semester 6 dan telah lulus dari kegiatan Pengembangan Kurikulum Penjas / Magang II. Kegiatan PLT dilaksanakan pada semester khusus selama kurang lebih 2 bulan setiap hari senin sampai sabtu siang di sekolah yang telah ditentukan oleh pihak LPPMP. Kegiatan PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, serta memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan yang terkait. Dalam pelaksanaannya, terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan dari jurusan dan diadakan observasi lokasi. Pembekalan dilaksanakan pada tanggal 11 September 2017 sedangkan observasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi. Dari hasil observasi yang lakukan sebelum pelaksanaan PLT dimulai. Program yang kami rencanakan ada dua, yaitu: program mengajar dan non mengajar . Program PLT Mengajar antara lain Pembuatan RPP, konsultasi RPP, Pembuatan Media Pembelajaran, Mengajar kelas/ jam kosong. Program Non mengajar antara lain Upacara/ Apel, Pengadaan Bak sampah, Pengadaan papan upacara, Plangisasi Sekolah, Penataan Perpustakaan, Pengadaan Bibit Tanaman, Lomba Memperingati Sumpah Pemuda, Pendampingan Senam, Pelatihan Petugas Upacara, Pengukuran Tinggi Badan dan Berat Badan, Ekstrakurikuler Pramuka, Revuralisasi Lapangan Badminton, Revitalisasi Lapangan Gobak Sodor, Revitalisasai Penandaan Lapangan Senam, dan Tes Mata. Dari program PLT ini praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolah lainnya yang sangat berguna untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan PLT Program yang direncanakan semua terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama yang baik antara anggota kelompok maupun pihak-pihak lain yang terkait. Selain itu PLT sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa sekaligus sebagai penyesuaian sebelum terjun ke sekolah dan melakukan tugasnya secara nyata. Meskipun ada hambatan pada kelompok kami, tetapi hambatan yang ada bukanlah penghalang melainkan konsekuensi dari sebuah usaha dan semua hambatan yang ditemukan dapat diatasi. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PLT ini, mahasiswa diharapkan banyak mendapat pengalaman dan keterampilan dari berbagai pihak serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Isrofik, Isrofik (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/55550/1/LAPORAN%20PLT%20INDIVIDU%20ISROFIK%20%2814604221065%29.pdf