%0 Thesis %9 S2 %A Sudaryono, Agung %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:55549 %I UNY %T Partisipasi dalam Lomba Guru SD Berprestasi di Kota Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/55549/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap intepretasi guru terhadap lomba guru berprestasi, faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi , dan bagaimana bentuk partisipasi guru dalam lomba guru SD berprestasi di Kota Yogyakarta Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian terdiri atas guru-guru SD, kepala sekolah, pengawas sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara , observasi dan dokumentasi pada saat pelaksanaan lomba. Data penelitian dianalisis dengan Outline Phenomenology Analysis Moustakas dengan tahapan epoche, phenomenological reduction, imaginative variation dan synthesis of composite textural and structural description. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 2 interpretasi yang berbeda: lomba sebagai aktualisasi diri dan lomba sebagai beban bagi guru. Berikutnya ada 4 faktor yang berpengaruh terhadap partisipasi guru: Pertama, faktor internal yang mendukung partisipasi, meliputi: motivasi berprestasi, pengalaman mengikuti lomba, pelaksanaan tugas sehari-hari dengan tertib, semangat belajar, dan penguasaan kompetensi yang tinggi. Kedua, faktor eksternal yang mendukung partisipasi, meliputi: dukungan keluarga dan rekan kerja, bimbingan dan pendampingan dari atasan, fanatisme kedaerahan, peluang menang, dan apresiasi atau reward. Ketiga, faktor internal yang menghambat, beban moral sebagai guru berprestasi, karya tulis ilmiah, penyusunan dokumen portofolio, dan prestasi akademik atau non akademik. Keempat, faktor eksternal yang menghambat, yaitu: waktu persiapan yang terlalu singkat, belum ada koordinasi antar elemen pelaksana, sedikitnya frekusensi lomba guru, proses pembinaan yang belum terstruktur, proses seleksi yang berat, dan adanya jenis lomba yang lebih sederhana. Dalam penelitian ini juga ditemukan adanya bentuk partisipasi yang pasif dari guru, sehingga guru harus dimobilisasi dengan surat tugas dan perintah dari atasan agar guru berpartisipasi dalam lomba guru berprestasi ini. Kata kunci: interpretasi, partisipasi, lomba guru berprestasi.